MENGGAMBAR BEBAS, ASYIK!

Fajar Pujianto

Anak-anak ketika disuruh untuk menggambar sangatlkah senang. Apalagi saat diperintah untuk menggambar bebas, hmm.. langsung saja dilaksanakan. Tidak jauh-jauh yang digambar adalah pemandangan gunung yang ada sawahnya, rumah, dan alat transportasi. Di TBM ANFAT seperti itu, mungkin di tempat pembaca tidak jauh berbeda, hehe.

Saat menggambar bebas inilah mereka dibawa terbang ke dalam dunia imajinasi. Saat mereka asyik menjelajah dunia imajinasi sedikit demi sedikit perkatanku masuk ke dalam pikiran. Tujuannya adalah agar tidak ngelantur dan keluar dari zona imajinasi. Ditakutkan hasilnya tidak sesuai keinginan.

Terkadang ada juga yang tidak bisa melanjutkan menggambar. Hal tersebut dikarenakan habisnya daya imajinasi, rasa malas, bahkan karena mempunyai aktifitas lain. Membiarkan dahulu sejenak adalah yang bisa dilakukan. Setelah beberapa saat, anak tersebut menceritakan gambarnya sampai selesai sesuai dengan yang diinginkan pertama kali pada imajinasinya. Akhirnya bisa kembali meneruskan menggambar.

INILAH JURUS MEMPUNYAI KUMPULAN TTS ALA ADIK TBM ANFAT

Usai menggambar, anak-anak diberi apresiasi berupa pujian. Hal tersebut dilakukan agar anak-anak kembali termotivasi dan bersemangat.

Jadi dalam hal ini pola pendampingan masih tetap ada, walaupun sudah diberi ruang kebebasan untuk menggambar. Apresiasi terhadap anak-anak sangat membantu mengembalikan semangat mereka.

#SEMANG-ART LITERASI#BACA TERUS, TERUS BERKARYA#TBM ANFAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *