TBM Mekar Ilmu Diresmikan

“Anak zaman now pasti suka membaca, yuk membaca.” Begitulah slogan yang diusung dari taman bacaan masyarakat (TBM) Mekar Ilmu. TBM ini berada di kelurahan Pasir Kidul kecamatan Purwokerto Barat. Adalah Ida Munfarijah, pendiri TBM yang juga seorang guru TK Diponegoro 146 Kalibogor Purwokerto Barat yang secara simbolis baru meresmikan TBMnya kemarin, Selasa (7/3).

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Sunarto selaku penilik PAUD UPK Purwokerto Barat, Heru Kurniawan selaku ketua forum TBM kabupaten Banyumas, Fathan Munif dan Fajar Pujianto selaku pegiat literasi kabupaten Banyumas, Sugeng Priyono selaku aktivis pemuda kabupaten Banyumas, ketua RT setempat, pengurus TK Diponegoro 146 Kalibogor, kepala dan guru TK Diponegoro 146 Kalibogor, wali murid dan siswa TK Diponegoro 146 Kalibogor, dan warga setempat. Selain itu, kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh Alfian, dengan dongeng gemar membacanya.

Kehadiran para pegiat literasi

Ida Munfarijah menyampaikan, asal mula mendirikan TBM merupaka inspirasi dari teman-teman di grup forum TBM kabupaten banyumas.

“Inspirasi dari Heru Kurniawan selaku ketua forum TBM dan juga rekan-rekan pegiat literasi lainnya. Karena saya sudah bergabung dengan grup forum TBM, tetapi waktu itu belum mempunyai TBM, atas inspirasi inilah akhirnya bulan September 2017 secara perlahan mendirikan TBM,” tutur Ida yang juga baru saja menyelesaikan pendidikan S2.

Lebih lanjut menjelaskan bahwa, awal mula mendirikan TBM Mekar Ilmu adalah dengan memanfaatkan majalah yang berada di rumah. Setiap hari Sabtu majalah tersebut diputar untuk dipinjamkan kepada masyarakat. Selain itu ketika ada anak-anak yang berlatih drumband di lapangan yang letaknya tidak jauh dari rumah, mereka diampirkan untuk kemudian diberi kegiatan mendongeng.

Baca : http://www.infofajar.com/tbm-harapan-kita-dan-pojok-dongeng/

Ibu rumah tangga yang gemar menulis ini juga menyisihkan sebagian hasil menulisnya untuk dipergunakan guna melengkapi kebutuhan TBMnya.

“Alhamdulillah, melalui menulis inilah sedikit demi sedikit terkumpul modal untuk kemudian melengkapi sarana dan prasarana TBM dan juga kegiatan lainnya yang berkenaan dengan TBM Mekar Ilmu. Selain itu, hasil dari menulis ini juga saya gunakan untuk kebutuhan peresmian TBM,” ungkap istri dari Widi Handoro.

“Selamat atas peresmian taman bacaan masyarakat Mekar Ilmu, semoga bermanfaat untuk sesama, bisa berbagi ilmu dengan yang lain, terutaa siswa dan rekan-rekan guru,” ucap Sunarto dalam sambutannya.

Baca : http://www.infofajar.com/tbm-pelita-melestarikan-sejarah-banyumas/

Heru Kurniawan selaku ketua forum TBM kabupaten Banyumas, mengapresiasi atas kinerja Ida yang sudah berani membuka cakrawala buat orang lain dengan mendirikan TBM.

Heru Kurniawan, ketua forum TBM Banyumas saat sedang mengisi acara

“Ada 4 yang harus terpenuhi oleh orang tua, mereka diantaranya adalah mnyediakan buku, bacakan buku,nanti menjadi  anak yang suka buku, dan ibu menjadi terbiasa baca buku. Nah, sumber buku tersebut salah satunya di TBM Mekar Ilmu, maka manfaatlah dengan baik,” kata dia. (Fajar Pujianto/ TBM Anfat desa Babakan kec. Karanglewas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *