TBM PELITA MELESTARIKAN SEJARAH BANYUMAS

BANYUMAS- Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pelita merupakan satu-satu TBM dengan gedung yang representatif dan akses terdekat ke pusat sejarah kabupaten Banyumas. Jika berkunjung ke TBM ini, Anda akan mendapat sambutan yang luar biasa hangat dengan kearifan lokal. Nantinya Anda akan ditunjukan beberapa bukti sejarah kabupaten Banyumas. Seperti alun-alun Banyumas, kantor pemerintahan, museum wayang, sumur, perpustakaan, tahanan, dan beberapa tempat lainnya.

Sejarah TBM Pelita

Sebelum adanya TBM Pelita, pada tahun 2008 desa Sudagaran kecamatan Banyumas mendapat sumbangan buku dan rak dari mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang. Saat itu sempat terlantar karena tidak adanya pengelola. Namun kemudian buku-buku tersebut dikelola oleh PKK dan menjadi sudut baca PKK. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2009 buku-buku terus bertambah yang merupakan sumbangan dari warga.

Singkat cerita, pada tahun 2014 secara resmi berubah menjadi TBM Pelita. Adalah Sri Sabarti yang menjadi ikon berdirinya TBM Pelita dan ditemani oleh Juwahir Juju dan beberapa perangkat desa yang lainnya. Sama seperti diawal yaitu sempat terlantar, namun kali ini karena kondisi gedung yang dipugar. Sejak mengikuti Gerakan Indonesia Membaca (GIM) pada bulan September tahun 2016 di Purwokerto, TBM Pelita sibuk bersolek, berbenah diri agar bisa sejajar dengan TBM lain di Kabupaten Banyumas dan lebih berperan dalam memajukan budaya baca bangsa.

TBM Pelita mempunyai visi yaitu terwujudnya budaya membaca di masyarakat, serta memperkaya wawasan dan kreativitas masyarakat. Adapun misinya yaitu menyediakan buku bacaan yang berkualitas, menyelenggarakan kegiatan yang kreatif, rekreatif, dan edukatif, meningkatkan minat baca, menjadi sarana silaturrahmi, dan sebagai pusat kegiatan yang bersifat pengembangan diri.

Bentuk pelayanan TBM Pelita yaitu peminjaman buku, bimbingan belajar, kajian buku, pendidikan kecakapan hidup, pengembangan diri, dan donasi atau bantuan buku. Adapun jam pelayanannya yaitu setiap hari Senin sampai Kamis jam 13.00 – 17.30 dan hari Sabtu sampai Minggu jam 08.00- 17.30.

TBM Pelita sendiri berada di desa Sudagaran Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Atau lebih tepatnya berada di dekat alun-alun Banyumas. (Fajar Pujianto/ Pegiat Literasi TBM Kabupaten Banyumas)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *