Info Banyumas

Antara Fati’ah Fidiyanti dan Rumah Baca Asmanadia Sumbang

 

SUMBANG- Dewasa ini anak-anak mulai terjangkit virus-virus yang ada di televisi maupun media sosial lainnya. Salah satunya yakni semakin alaynya mereka disetiap tingkah laku maupun penampilan setiap hari.

Melihat kondisi seperti ini, Fati’ah Fidiyanti seorang karyawan swasta salah satu restaurant di Purwokerto tidak tinggal diam. Perempuan kelahiran Banyumas 26 tahun tepatnya tanggal 12 Agustus 1990 ini merintis sebuah rumah baca di tempat tinggalnya. Keterbatasan dana membuat ia berpikir keras untuk mendirikan rumah baca tersebut. Setelah mencari informasi lewat media sosial, ketemulah denan Tim Rumah Baca Asmanadia, sebuah rumah baca di bawah Asmanadia pusat di Jakarta.

(Fati’ah Fidiyanti yang terkenal “kegapyakannya’)

Bertempat di rumahnya desa Tambaksogra RT 03 RW 01 kecamatan Sumbang, Banyumas Rumah Baca Asmanadia ini didirikan. Bertepatan tanggal 22 Mei 2016, RBA (Rumah Baca Asmanadia Rumah Baca Asmanadia ) Sumbang diresmikan oleh kepala desa setempat dan disaksikan oleh perangkat desa, tokoh masyarakat, sekolah terdekat dan juga masyarakat sekitar.

Rupanya Fati’ah Fidiyanti tidak sendirian dalam berjuang. Dengan ditemani sahabatnya, ia mengadakan kegiatan pertamanya yaitu pelatihan penulisan yang dihadiri langsung oleh Widia Berlian Alkalabi, beliau adalah salah satu penulis best seller “Aku Tak Menyerah” yang juga sahabat Asmanadia. Kegiatan ini juga yang mempertemukannya dengan teman-teman semasa sekolah yang akhirnya jadi relawan RBA Sumbang.

Fati’ah Fidiyanti, ingin ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga mensukseskan Gerakan Indonesia Membaca di Kabupaten Banyumas khususnya di lingkungannya ia tinggal. “saya hanya lulusan SMK kerjapun bukan di lingkungan pendidikan, tapi saya ingin ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mensukseskan GIM di lingkungan maupun di kabupaten ini bersama para sahabat melalui Rumah Baca Asmanadia Sumbang”. Jelasnya.

http://Baca Juga : https://www.infofajar.com/guna-melaksanakan-program-kerjanya-rumah-baca-kartini-gaet-aktivis/

Rupa-rupanya semangatnya kian membara setelah berdatangan pegiat-pegiat literasi dari kabupaten Banyumas, seperti Bapak Fuad Arifin dan Tim dari Perpusarda Kabupaten Banyumas. Sedangkan dari luar kabupaten Banyumas yakni Bapak Ridwan Sururi dari Purbalingga yang terkenal dengan kuda bacanya. Akhir-akhir ini bersama perwakilan SD dan SMP dengan perpustakaan terbaik di kabupaten Banyumas, mereka berkesempatan berkunjung ke perpustakaan nasional (Perpusnas) RI di Jakarta guna mendapatkan bantuan buku-buku bacaan.

(Kedatangan Bapak Fuad Arifin dan Tim dari Perpusarda Banyumas memberi semangat tersendiri bagi mereka)

“Alhamdulillah kami didatangi orang-orang hebat pegiat literasi, kami juga kemarin dari Perpusnas RI guna mendapat bantuan buku bersama satu SD dan satu SMP terbaik dalam bidang perpustakaan di Kabupaten Banyumas”. Katanya.

Kegiatan rutinitas di RBA tidak hanya peminjaman buku, membaca dan menggambar, tetapi ada kegiatan lainnya seperti kelas memasak, folding balon, games, kreasi botol bekas, lapak baca, dan kampung membaca.

(Salah satu hasil karya anak-anak RBA Sumbang)

“Kami mempunyai kegiatan rutinitas yaitu peminjaman buku, membaca dan menggambar. Sedangkan untuk kegiatan lainya yakni kelas memasak, folding balon, games, kreasi botol bekas, lapak baca, dan kampung membaca.” Katanya sembari menunjukkan beberapa hasil kreasi anak-anak RBA Sumbang.

                   (Lapak Baca di Purwokerto)

“untuk kegiatan lapak baca kami pernah melakukannya di alun-alun Purwokerto dan beberapa tempat umum lainnya, sedangkan untuk kampung membaca kami adakan di desa kami dan desa-desa sekitar.” Imbuhnya.

RBA Sumbang dibuka setiap hari mulai jam 15.00 sampai 17.00 WIB, sedangkan untuk hari minggu dibuka mulai jam 08.00-17.00 WIB. Khusus untuk hari minggu digunakan untuk berbagai kegiatan.

One Comment

  1. usa vs mexico fifa

    April 17, 2017 at 5:09 am

    Hі my family mеmber! I want to say that this article is amazіng, great աritten and include almost allⅼ significant
    infos. I’Ԁ likе to peer extra posts like this .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *